Selasa, 04 Januari 2022

Laporan PKL

BAB I

PENDAHULUAN

 

I.1. Latar Belakang

 

        Praktek Kerja Industri atau Prakerin adalah suatu bentuk penyelanggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan disekolah dan program pengusahaanyang diproleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional. Dimana keahlian professional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan ,teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada,sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerja pada bidang profesi itu sendiri.

       Pendidikan sistem ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang professional dibidangnya. Melalui pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang professional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industry. Tanpa diadakanya pendidikan sistem ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industry karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.

 

I.2. TUJUAN

     Tujuan Praktek Kerja Industri adalah sebagai berikut:

   Tujuan secara umum adalah untuk memperkenalkan peserta didik dalam dunia kerja dari suatu perusahaan ataupun lapangan pekerjaan, serta memberikan pengalaman bagi siswa hal – hal yang belum pernah didapat disekolahan, sedangkan secara khususnya kerja industri di PERCETAKAN KANAGA SHOOTING adalah sebagai berikut :

            1. Mempraktikan ilmu yang didapat selama studi.

            2. Akan mendapatkan sesuatu hal baru dalam dunia kerja berupa ilmu yang bermanfaat  

            3. Menambah ilmu dan wawasan dalam dunia Percetakan , mulai dari teknik pebuatan      laporan, teknik editing, teknik foto copy dan memperhatikan hasil yang jelas maupun enak dipandang orang lain. memahami manajemen komunikasi yang baik serta belajar bekerja dalam suatu Teamwork yang baik disamping itu melatih mental, kemandirian, kedisiplinan, serta tanggung jawab siswa.

           4. Modal pengalaman untuk mendirikan usaha sejenis.

 

 

 

 

 

 

I.3. Manfaat

Kerja industri merupakan inti pokok keberhasilan siswa dalam mempraktikkan pelajaran yang telah didapatkan di sekolah yang terkait. Pelaksanaan praktik kerja industri memberikan manfaat yang sangat besar dan berharga baik dari pihah siswa, pihak perusahaan yang dituju maupun dari instansi pendidikan.

Adapun manfaat dari kerja industri sebagai berikut :

            I.3.1. Bagi Siswa

          1. Melatih penyesuaian diri terhadap dunia kerja, melatih mental, menambah pengetahuan       dalam dunia kerja dan menambah wawasan yang luas serta ide-ide bagi siswa yang belum didapat di bangku sekolahan.

         2. Bekal pengalaman bagi siswa dalam menghadapi dunia kerja kelak, untuk mempraktikkan    secara mandiri bekal ilmu yang di peroleh dari institusi pendidikan.

         3. Siswa menjadi terampil dan terlatih saat melaksanakan proses penyerapan ilmu serta sebagai tolak ukur atas pencapaian materi yang telah dikuasai siswa.

         4. Mendewasakan pola pikir dan sudut pandang serta melatih tingkat disiplinan siswa dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

         5. Memperoleh informasi dari perkembangan dunia kerja di saat ini serta membangun kerjasama dan hubungan yang baik antara sekolahan  dan institusi yang bersangkutan.

 

 I.3.2. Bagi Industri

              1. Dapat memberikan ilmu kepada orang lain terutama bagi siswa yang sedang praktik kerja industri.

             2. Meringankan beban yang punya industri karena ada  siswa yang membantu pekerjaan yang diberikan oleh kepala industri.

 

I.4. Metode Pembuatan Laporan

        Beberapa metode yang kami lakukan dalam pembuatan laporan dengan cara menggumpulkan data pengumpulan data dilakukan dengan cara sebagai berikut :

       1.interview metode ini dilakukan dengan bertanya langsung kepada karyawan utamanya kepada pembimbing kami

       2. Praktek dengan praktek,penulis dapat secara langsung melihat kenyataanya yang terjadi pada perusahaan sehingga dapat menarik suatukesimpulan yang dibuat dalam bentuk laporan kegiatan.

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN



II.1. Gambaran Umum Tempat Prakerin

II.1.1. Sejarah Singkat

            Sejarah

Pada sekitar tahun 1985 Pimpinan Kanaga Bp. Kadir sudah bekerja di bidang dokumentasi Khususnya Video, namun kala itu masih menggunakan peralatan yang sangat sederhana, yang di gunakan waktu itu masih teknologi Betamax , walaupun sangat sederhana kala itu orang - orang masih bertanya alat apa itu ? Mereka merasa aneh dan langka di jamannya, sesuai dengan perkembangan jaman lambat laun mulai meningkat baik di bidang Video Shooting maupun peralatan dokumentasi lainnya.

Setelah bekerja beberapa tahun teknologi mulai berkembang dan perusahaan tempat pak Kadir bekerja merenovasi peralatan videonya menggunakan Kamera M 3000 yang masih manual dan semua tampilan belum berwarna masih hitam putih. Kemudian selain itu beberapa tahun kemudian dari perusahaan menambah peralatan kamera baru yaitu AG 455 Keluaran Panasonik Pertama yang menggunakan teknologi 3 CCD Karena pak Kadir termasuk orang yang ikut merintis perusahaan tersebut maka ia pun mengalami kenaikan pangkat dan gaji, Pak Kadir di angkat menjadi Kepala tehnik lapangan. Dari situlah Beliau mulai menabung dan mempunyai keinginan suatu saat kalau modal sudah ada beliau ingin mendirikan Perusahaan sendiri.

Setelah berjalan tahun demi tahun perusahaan pun mengadakan pembaharuan peralatan lagi yaitu penggunaan Mixer dan kamera Mini DV teknologi baru dengan menggunakan LCD dengan tampilan view berwarna MD 900 , Baru kemudian sekitar tahun 1997 menggunakan kamera yang DV yang menggunakan CCD yang cukup bagus dengan merk.

PANASONIK MD 10.000 . Karena Pak Kadir sudah merasa mempunyai pengalaman dan cukup modal dengan berat hati beliau keluar dari perusahaan dengan tujuan untuk mewujudkan cita-citanya membuka perusahaan sendiri.

KANAGA berdiri Pada tanggal 13 Oktober 2007 yang bertempat di Genengan RT.01/01, Karanganom, Sukodono, Sragen. Lebih tepatnya Samping Puskesmas Sukodono, KANAGA berasal dari singkatan nama keluarga Bapak Kadir yang waktu itu baru memiliki satu putra. Yaitu : Kadir, Nina, Djaga. Dari sinilah di ambil nama “KANAGA”.

 

 

 

 

 

 

II.1.2. Visi dan Misi

         A. Visi

Menjadi Perusahaan Digital Printing Profesional, dapat diandalkan, dan inovatif produktif yang dapat menghasilkan sesuatu nilai tambah baru yang dapat memberi manfaat, serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang menguntungkan.

         B. Misi

Menyelenggarakan pelayanan jasa cetak bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan prinsip pelayanan yang memuaskan dalam hal kualitas/mutu, tepat waktu, pelayanan simpatik penuh tanggung jawab dan dengan harga yang wajar sehingga perusahaan dapat berkembang maju serta dapat mensejahterakan seluruh pihak yang berkepentingan baik pelanggan, karyawan, pemilik, mitra kerja dan masyarakat dilingkungan perusahaan dengan dasar etika usaha yang bersih, baik dan benar.

 

II.1.3 Kebutuhan Non Fungsional

        A. ALAT : KOMPUTER,MOUSE,DAN KEYBOARD

        B. BAHAN: KERTAS DAN TINTA

 

II.1.4. Urain Kerja

           Cara menggunakan fotocopy adalah sebagai berikut:

Sedangkan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan mesin fotocopy adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol ON untuk menyalakan mesin fotokopi.
  2. Letakkan kertas yang akan Anda fotokopi di atas kaca yang jadi area fotokopi. Letaknya biasanya di bawah scanner. Jangan lupa sesuaikan posisi kertas dengan cermat agar hasil fotokopinya rapi dan memuaskan. Caranya adalah dengan memastikan bahwa tepi kertas bagian atas ada pada garis skala dan posisi kertas pas di tengah.
  3. Pencet tombol paper select, kemudian atur berapa ukuran kertas yang akan digunakan.
  4. tombol angka untuk mengatur berapa lembar kertas yang akan dikopi.
  5. Tekan tombol start, lalu tunggu selama beberapa saat sampai mesin fotocopy selesai mengeluarkan kertas yang merupakan hasil fotokopi.
  6. Jika mesin sudah selesai digunakan, matikan dengan menekan tombol OFF.

 

 

II.1.5. Strukrtur Organisasi

          1.PEMILIK : Bp. Kadir

         2.KARYAWAN : Mas Yoyok

II.1.6. Jadwal Kerja

          JAM KERJA :

                 1. MASUK : 07.00

                 2. ISTIRAHAT: 12.00-12.30

                 3. PULANG : 16.00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



BAB III

PEMBAHASAN



III.1. Kajian Teori

 

III.1.1. Pengertian Percetakan

Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.

Banyak buku, koran, brosur, flyer dan majalah sekarang ini biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Image yang akan dicetak di print di atas film lalu di transfer ke plat cetak. Warna-warna bisa didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus.

Teknik percetakan umum lainnya termasuk cetak relief, sablon, rotogravure, dan percetakan berbasis digital seperti pita jarum, inkjet, dan laser.

Dikenal pula teknik cetak poly untuk pemberian kesan emas dan perak ke atas permukaan dan cetak emboss untuk memberikan kesan menonjol kepada kertas.



III.1.2. Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

 




 

 

 

III.1.3. Software CorelDRAW

CorelDRAW adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Kegunaan aplikasi CorelDRAW:

a. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.

b. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.

c.  Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.

d. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.



III.1.4. Software Adobe Photoshop

Photoshop adalah software yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas tinggi. Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang akhirnya membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional.

 

 

 

 

 

III.2. Implementasi

Produk industri yang berkaitan dengan bidang multimedia, diantaranya: jasa percetakan, jasa periklanan, jasa pertelevisisan, dan lain – lain. Kali ini, penulis akan membahas tentang hasil produk yang bergerak di bidang jasa percetakan, sesuai dengan tempat PRAKERIN penulis. Berikut ini kegiatan yang penulis lakukan di Hero Digital Printing selama PRAKERIN, antara lain :



III.2.1. Membuat Kartu Nama

Kartu nama sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan kita kepada publik dengan kertas kecil yang berisi pesan, deskripsi, logo dan kontak kartu nama bisa disebar luaskan dengan mudah. Berikut langkah-langkah untuk membuat kartu nama:

 

a. Langkah pertama kita buka aplikasi CorelDRAW untuk mendesain Kartu Nama.

 

                                             


 

b. Buat dokumen baru dengan ukuran 9 cm X 5,5 cm.

 

                                    


 

 

 


c. Isikan nama, deskripsi, kontak, dan alamat pada lembar kerja dokumen. Gunakan Text Tool

(tekan f8) untuk memberikan teks pada lembar kerja

 

 

               


 

 

d. Berikan warna pada teks sesuai selera, dan tambahkan gambar sebagai pelengkap.

 

 

                                          



e. Berikan hiasan background agar terlihat lebih cantik.

        



    

f. Desain kartu nama sudah selesai, seleksi semua objek (ctrl + a) kemudian Group Object (crtl + g), dan copy (ctrl + c).

 

 

                                          


 

 

g. Buat dokumen baru (ctrl + n) dengan ukuran A3 Extension, kemudian paste (ctrl + v) desain kartu nama yang sudah di buat tadi.

 

                        


 

 

h. Gunakan Freehand Tool (f5) untuk membuat garis potong. Buat garis garis lurus dengan panjang 0,3 cm, duplikat garis tersebut kemudian buat menjadi siku kemudian buatlah seperti pada gambar dibawah ini

 

 

                  


 

 

 

 



 

 

 

i.Tempatkan garis potong tersebut di setiap sudut pada desain kartu nama dan gabungkan

    objek (ctrl + g) garis potong dan desain kartu nama

                                  

 



 

          

 


j. Penuhi dokumen lembar kerja dengan memperbanyak desain kartu nama tersebut, hingga

       seperti pada gambar di bawah ini.

 

 

                                                  


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

k. Kartu nama sudah siap untuk di cetak dengan kertas ukuran A3 Extension dan di potong menggunakan cutter dan penggaris besi, gunakan meja kaca atau di lantai keramik sebagai alas pemotongan. Potong sesuai pada garis potong menggunakan cutter.

 

 

 


 

 


 

             

l. Kartu nama sudah siap dan dimasukkan ke dalam box kartu nama.

               

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP



IV.1. Kesimpulan

Dalam hal ini komputer sangatlah penting dikarenakan sistem komputerisasi saat ini sangat membantu dalam proses produksi. Karena sudah jamannya era digital semua menjadi lebih praktis dan lebih mudah.

Pembelajaaran di dalam dunia kerja adalah suatu pengalaman bagi siswa untuk mendapatkan suatu ilmu dari tempat industri serta dapat menambah pengalaman untuk siswa dalam menghadapi dunia kerja, dengan demikian siswa mampu untuk mencoba hal baru yang belum pernah didapat disekolah.

Dengan adanya PRAKERIN ini penulis mampu mengembangkan ilmu yang telah didapat dari sekolahan maupun dari Industri dan menambahakan wawasan tentang pekerjaan secaran langsung walaupun itu dalam PRAKERIN sangatlah berharga bagi penulis. Atas kesempatan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa ( Allah ) sehingga penulis dapat menyelesaikan PRAKERIN dengan lancar tanpa suatu halangan apapun, serta penulis dapat menyelesaikan makalah Laporan ini dengan

 tepat waktu dan seksama.

IV.2. KESAN

        Selama kami praktek kerja industri (PRAKERIN) disini kami merasa senang dan kami juga mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luas terutama dalam dunia kerja. juga yang belum kami ketahui sebelumnya. Kami merasa sangat nyaman prakerin disini karena pembimbing di Bima Computer ini bisa bekerja sama dengan kami dan mempermudah kami dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan kegiatan yang menuntut siswa agar belajar disiplin dan tentunya di tuntut agar dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan di sekolah dalam menjalani Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), tidak mudah seperti apa yang dibayangkan sebelumnya karena di tempat praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tidak semua materi yang diberikan disekolah itu masuk. kegiatan praktek kerja Industri (PRAKERIN) dapat membentuk siswa agar dapat bekerja, walaupun kenyataannya masih di bangku sekolah. banyak ilmu ilmu baru yang didapat selama kegiatan prakerin yang tentu saja dapat dijadikan bahan dan pengalamanuntuk modal bekerja di masa depan. untuk saya pribadi tentu merasa puas dan bahagia karena dapat menjalankan kegiatan praktek kerja Industri dengan baik hingga berakhirnya kegiatan ini.

 

IV.2. Saran

Sebagai penulis  hanya dapat memberikan sedikit saran untuk yang lainnya bahwa dalam dunia kerja harus bersungguh - sungguh dalam mengerjakan pekerjaan dari ketua industri maupun seniornya, disiplin dalam waktu berangkat maupun menyelesaikan pekerjaan/ tugas dengan tepat waktu, serta harus jujur karena dalam suatu pekerjaan itu yang dibutuhkan bukan hanya orang pintar tapi yang paling utama adalah kejujurannya tersebut, sehingga pemilik Industri dapat memberikan kepercayaanya kedapanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



          

 

 

      

     


Daftar Pusaka

 

 

 

A. Wikipedia, Pengertian percetakan, https://id.wikipedia.org/wiki/Percetakan

B. Sekolah Jurnalistik Multimedia, 2016 Pengertian desain grafis, http://www.sjm.sch.id/p/desain-grafis-adalah-suatu-bentuk.html

C. Vicky, 2012 Pengertian dan kegunaan CorelDraw, http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/

D. Irvan Muhammad, 2012 Pengertian dan fungsi Photoshop, http://muhamad-irvansah.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-dan-fungsi-photoshop.html

 


Tidak ada komentar:

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PROGRAM KEAHLIAN FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS

  LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PROGRAM KEAHLIAN FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS SMK  APOTEK QIRANI FARMA (Waktu Pelaksanaan: ...