BAB I
PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang
Praktek Kerja Industri atau
Prakerin adalah suatu bentuk penyelanggaraan dari sekolah yang memadukan secara
sistematik dan sinkron antara program pendidikan disekolah dan program
pengusahaanyang diproleh melalui kegiatan bekerja langsung didunia kerja untuk
mencapai suatu tingkat keahlian professional. Dimana keahlian professional
tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan
,teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai
kapan dan dimana saja kita berada,sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi
dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerja pada bidang profesi
itu sendiri.
Pendidikan sistem ganda dilaksanakan
untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang professional dibidangnya. Melalui
pendidikan sistem ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang professional
tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan pendidikan tersebut diharapkan
dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industry.
Tanpa diadakanya pendidikan sistem ganda ini kita tidak dapat langsung terjun
ke dunia industry karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan
kerja.
I.2. TUJUAN
Tujuan Praktek Kerja Industri adalah
sebagai berikut:
Tujuan secara umum adalah untuk
memperkenalkan peserta didik dalam dunia kerja dari suatu perusahaan ataupun
lapangan pekerjaan, serta memberikan pengalaman bagi siswa hal – hal yang belum
pernah didapat disekolahan, sedangkan secara khususnya kerja industri di
PERCETAKAN KANAGA SHOOTING adalah sebagai berikut :
1. Mempraktikan ilmu yang
didapat selama studi.
2. Akan mendapatkan sesuatu
hal baru dalam dunia kerja berupa ilmu yang bermanfaat
3. Menambah ilmu dan wawasan
dalam dunia Percetakan , mulai dari teknik pebuatan laporan, teknik editing, teknik foto copy
dan memperhatikan hasil yang jelas maupun enak dipandang orang lain. memahami
manajemen komunikasi yang baik serta belajar bekerja dalam suatu Teamwork yang
baik disamping itu melatih mental, kemandirian, kedisiplinan, serta tanggung
jawab siswa.
4. Modal pengalaman untuk
mendirikan usaha sejenis.
I.3. Manfaat
Kerja industri merupakan inti
pokok keberhasilan siswa dalam mempraktikkan pelajaran yang telah didapatkan di
sekolah yang terkait. Pelaksanaan praktik kerja industri memberikan manfaat
yang sangat besar dan berharga baik dari pihah siswa, pihak perusahaan yang
dituju maupun dari instansi pendidikan.
Adapun manfaat dari kerja
industri sebagai berikut :
I.3.1. Bagi Siswa
1. Melatih penyesuaian diri
terhadap dunia kerja, melatih mental, menambah pengetahuan dalam dunia kerja dan menambah wawasan
yang luas serta ide-ide bagi siswa yang belum didapat di bangku sekolahan.
2. Bekal pengalaman bagi siswa
dalam menghadapi dunia kerja kelak, untuk mempraktikkan secara mandiri bekal ilmu yang
di peroleh dari institusi pendidikan.
3. Siswa menjadi terampil dan
terlatih saat melaksanakan proses penyerapan ilmu serta sebagai tolak ukur atas
pencapaian materi yang telah dikuasai siswa.
4. Mendewasakan pola pikir dan
sudut pandang serta melatih tingkat disiplinan siswa dalam menghadapi dunia
kerja yang sesungguhnya.
5. Memperoleh informasi dari
perkembangan dunia kerja di saat ini serta membangun kerjasama dan hubungan
yang baik antara sekolahan dan institusi yang bersangkutan.
I.3.2. Bagi Industri
1. Dapat memberikan ilmu
kepada orang lain terutama bagi siswa yang sedang praktik kerja industri.
2. Meringankan beban yang
punya industri karena ada siswa yang membantu pekerjaan yang diberikan
oleh kepala industri.
I.4. Metode Pembuatan Laporan
Beberapa metode yang kami lakukan dalam
pembuatan laporan dengan cara menggumpulkan data pengumpulan data dilakukan
dengan cara sebagai berikut :
1.interview metode ini dilakukan dengan
bertanya langsung kepada karyawan utamanya kepada pembimbing kami
2. Praktek dengan praktek,penulis dapat
secara langsung melihat kenyataanya yang terjadi pada perusahaan sehingga dapat
menarik suatukesimpulan yang dibuat dalam bentuk laporan kegiatan.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
II.1. Gambaran Umum Tempat Prakerin
II.1.1. Sejarah Singkat
Sejarah
Pada sekitar
tahun 1985 Pimpinan Kanaga Bp. Kadir sudah bekerja di bidang dokumentasi
Khususnya Video, namun kala itu masih menggunakan peralatan yang sangat
sederhana, yang di gunakan waktu itu masih teknologi Betamax , walaupun sangat
sederhana kala itu orang - orang masih bertanya alat apa itu ? Mereka merasa
aneh dan langka di jamannya, sesuai dengan perkembangan jaman lambat laun mulai
meningkat baik di bidang Video Shooting maupun peralatan dokumentasi lainnya.
Setelah
bekerja beberapa tahun teknologi mulai berkembang dan perusahaan tempat pak
Kadir bekerja merenovasi peralatan videonya menggunakan Kamera M 3000 yang
masih manual dan semua tampilan belum berwarna masih hitam putih. Kemudian
selain itu beberapa tahun kemudian dari perusahaan menambah peralatan kamera
baru yaitu AG 455 Keluaran Panasonik Pertama yang menggunakan teknologi 3 CCD
Karena pak Kadir termasuk orang yang ikut merintis perusahaan tersebut maka ia
pun mengalami kenaikan pangkat dan gaji, Pak Kadir di angkat menjadi Kepala
tehnik lapangan. Dari situlah Beliau mulai menabung dan mempunyai keinginan
suatu saat kalau modal sudah ada beliau ingin mendirikan Perusahaan sendiri.
Setelah
berjalan tahun demi tahun perusahaan pun mengadakan pembaharuan peralatan lagi
yaitu penggunaan Mixer dan kamera Mini DV teknologi baru dengan menggunakan LCD
dengan tampilan view berwarna MD 900 , Baru kemudian sekitar tahun 1997
menggunakan kamera yang DV yang menggunakan CCD yang cukup bagus dengan merk.
PANASONIK MD
10.000 . Karena Pak Kadir sudah merasa mempunyai pengalaman dan cukup modal
dengan berat hati beliau keluar dari perusahaan dengan tujuan untuk mewujudkan
cita-citanya membuka perusahaan sendiri.
KANAGA
berdiri Pada tanggal 13 Oktober 2007 yang bertempat di Genengan RT.01/01,
Karanganom, Sukodono, Sragen. Lebih tepatnya Samping Puskesmas Sukodono, KANAGA
berasal dari singkatan nama keluarga Bapak Kadir yang waktu itu baru memiliki
satu putra. Yaitu : Kadir, Nina, Djaga. Dari sinilah di ambil nama “KANAGA”.
II.1.2. Visi dan Misi
A. Visi
Menjadi Perusahaan Digital
Printing Profesional, dapat diandalkan, dan inovatif produktif yang dapat
menghasilkan sesuatu nilai tambah baru yang dapat memberi manfaat, serta mampu
membuka lapangan pekerjaan yang menguntungkan.
B. Misi
Menyelenggarakan pelayanan jasa
cetak bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan prinsip pelayanan yang
memuaskan dalam hal kualitas/mutu, tepat waktu, pelayanan simpatik penuh
tanggung jawab dan dengan harga yang wajar sehingga perusahaan dapat berkembang
maju serta dapat mensejahterakan seluruh pihak yang berkepentingan baik
pelanggan, karyawan, pemilik, mitra kerja dan masyarakat dilingkungan
perusahaan dengan dasar etika usaha yang bersih, baik dan benar.
II.1.3
Kebutuhan Non Fungsional
A. ALAT :
KOMPUTER,MOUSE,DAN KEYBOARD
B. BAHAN: KERTAS DAN TINTA
II.1.4.
Urain Kerja
Cara menggunakan fotocopy
adalah sebagai berikut:
Sedangkan langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk
menjalankan mesin fotocopy adalah sebagai berikut:
- Tekan tombol ON untuk
menyalakan mesin fotokopi.
- Letakkan kertas yang akan
Anda fotokopi di atas kaca yang jadi area fotokopi. Letaknya biasanya di
bawah scanner. Jangan lupa sesuaikan posisi kertas dengan cermat agar
hasil fotokopinya rapi dan memuaskan. Caranya adalah dengan memastikan
bahwa tepi kertas bagian atas ada pada garis skala dan posisi kertas pas
di tengah.
- Pencet tombol paper
select, kemudian atur berapa ukuran kertas yang akan digunakan.
- tombol angka untuk
mengatur berapa lembar kertas yang akan dikopi.
- Tekan tombol start, lalu
tunggu selama beberapa saat sampai mesin fotocopy selesai
mengeluarkan kertas yang merupakan hasil fotokopi.
- Jika mesin sudah selesai
digunakan, matikan dengan menekan tombol OFF.
II.1.5. Strukrtur Organisasi
1.PEMILIK : Bp. Kadir
2.KARYAWAN : Mas Yoyok
II.1.6. Jadwal Kerja
JAM KERJA :
1. MASUK :
07.00
2.
ISTIRAHAT: 12.00-12.30
3. PULANG :
16.00
BAB III
PEMBAHASAN
III.1. Kajian Teori
III.1.1. Pengertian
Percetakan
Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara
massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan
sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan
percetakan transaksi.
Banyak buku, koran, brosur, flyer dan majalah sekarang ini
biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Image yang akan dicetak
di print di atas film lalu di transfer ke plat cetak. Warna-warna bisa
didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus.
Teknik percetakan umum lainnya termasuk cetak relief, sablon,
rotogravure, dan percetakan berbasis digital seperti pita jarum, inkjet, dan
laser.
Dikenal pula teknik cetak poly untuk pemberian kesan emas dan
perak ke atas permukaan dan cetak emboss untuk memberikan kesan menonjol kepada
kertas.
III.1.2. Pengertian Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam disain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, desain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
III.1.3. Software CorelDRAW
CorelDRAW adalah sebuah program komputer yang melakukan editing
pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software
yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk
mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang
publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan
proses visualisasi.
Kegunaan aplikasi CorelDRAW:
a. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah
kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama
pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
b. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi
suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga
menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak
jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain
dan tulisan yang akan dibuat.
c. Membuat cover
buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain
akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan
yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih
jelas.
d. Pembuatan gambar
ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih
berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut.
Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.
III.1.4. Software Adobe Photoshop
Photoshop adalah software yang digunakan untuk
memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek
yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu
software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai
tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang
berkualitas tinggi. Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang akhirnya
membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis
profesional.
III.2. Implementasi
Produk industri yang berkaitan dengan bidang multimedia,
diantaranya: jasa percetakan, jasa periklanan, jasa pertelevisisan, dan lain –
lain. Kali ini, penulis akan membahas tentang hasil produk yang bergerak di
bidang jasa percetakan, sesuai dengan tempat PRAKERIN penulis. Berikut ini
kegiatan yang penulis lakukan di Hero Digital Printing selama PRAKERIN, antara
lain :
III.2.1. Membuat Kartu Nama
Kartu nama sangat penting untuk memperkenalkan perusahaan kita
kepada publik dengan kertas kecil yang berisi pesan, deskripsi, logo dan kontak
kartu nama bisa disebar luaskan dengan mudah. Berikut langkah-langkah untuk
membuat kartu nama:
a. Langkah
pertama kita buka aplikasi CorelDRAW untuk mendesain Kartu Nama.
b. Buat dokumen baru dengan ukuran 9 cm X 5,5 cm.
c. Isikan nama, deskripsi, kontak, dan alamat pada lembar kerja dokumen.
Gunakan Text Tool
(tekan f8) untuk memberikan teks pada lembar kerja
d. Berikan warna pada teks sesuai selera, dan tambahkan
gambar sebagai pelengkap.
e. Berikan hiasan background agar terlihat lebih cantik.
f. Desain kartu nama sudah selesai, seleksi semua objek (ctrl
+ a) kemudian Group Object (crtl + g), dan copy (ctrl + c).
g. Buat dokumen baru (ctrl + n) dengan ukuran A3 Extension,
kemudian paste (ctrl + v) desain kartu nama yang sudah di buat tadi.
h. Gunakan
Freehand Tool (f5) untuk membuat garis potong. Buat garis garis lurus dengan
panjang 0,3 cm, duplikat garis tersebut kemudian buat menjadi siku kemudian
buatlah seperti pada gambar dibawah ini
i.Tempatkan
garis potong tersebut di setiap sudut pada desain kartu nama dan gabungkan
objek (ctrl + g) garis potong dan desain
kartu nama
j. Penuhi dokumen lembar kerja dengan memperbanyak desain kartu nama
tersebut, hingga
seperti pada gambar
di bawah ini.
k. Kartu nama sudah siap untuk di cetak dengan kertas ukuran
A3 Extension dan di potong menggunakan cutter dan penggaris besi, gunakan meja
kaca atau di lantai keramik sebagai alas pemotongan. Potong sesuai pada garis
potong menggunakan cutter.
l. Kartu nama sudah siap dan dimasukkan ke dalam box kartu
nama.
BAB IV
PENUTUP
IV.1. Kesimpulan
Dalam hal ini komputer sangatlah penting dikarenakan sistem
komputerisasi saat ini sangat membantu dalam proses produksi. Karena sudah
jamannya era digital semua menjadi lebih praktis dan lebih mudah.
Pembelajaaran di dalam dunia kerja adalah suatu pengalaman bagi
siswa untuk mendapatkan suatu ilmu dari tempat industri serta dapat menambah
pengalaman untuk siswa dalam menghadapi dunia kerja, dengan demikian siswa
mampu untuk mencoba hal baru yang belum pernah didapat disekolah.
Dengan adanya PRAKERIN ini penulis mampu mengembangkan ilmu yang
telah didapat dari sekolahan maupun dari Industri dan menambahakan wawasan
tentang pekerjaan secaran langsung walaupun itu dalam PRAKERIN sangatlah
berharga bagi penulis. Atas kesempatan yang telah diberikan oleh Tuhan Yang
Maha Esa ( Allah ) sehingga penulis dapat menyelesaikan PRAKERIN dengan lancar
tanpa suatu halangan apapun, serta penulis dapat menyelesaikan
makalah Laporan ini dengan
tepat waktu dan seksama.
IV.2. KESAN
Selama kami praktek kerja industri
(PRAKERIN) disini kami merasa senang dan kami juga mendapatkan ilmu dan
pengalaman yang luas terutama dalam dunia kerja. juga yang belum kami ketahui
sebelumnya. Kami merasa sangat nyaman prakerin disini karena pembimbing di Bima
Computer ini bisa bekerja sama dengan kami dan mempermudah kami dalam
menyelesaikan tugas yang diberikan. praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan
kegiatan yang menuntut siswa agar belajar disiplin dan tentunya di tuntut agar
dapat bekerja dengan menerapkan segala pengetahuan yang di berikan di sekolah
dalam menjalani Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), tidak mudah seperti apa yang
dibayangkan sebelumnya karena di tempat praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tidak
semua materi yang diberikan disekolah itu masuk. kegiatan praktek kerja
Industri (PRAKERIN) dapat membentuk siswa agar dapat bekerja, walaupun
kenyataannya masih di bangku sekolah. banyak ilmu ilmu baru yang didapat selama
kegiatan prakerin yang tentu saja dapat dijadikan bahan dan pengalamanuntuk
modal bekerja di masa depan. untuk saya pribadi tentu merasa puas dan bahagia
karena dapat menjalankan kegiatan praktek kerja Industri dengan baik hingga
berakhirnya kegiatan ini.
IV.2. Saran
Sebagai penulis hanya dapat memberikan sedikit saran untuk
yang lainnya bahwa dalam dunia kerja harus bersungguh - sungguh dalam
mengerjakan pekerjaan dari ketua industri maupun seniornya, disiplin dalam
waktu berangkat maupun menyelesaikan pekerjaan/ tugas dengan tepat
waktu, serta harus jujur karena dalam suatu pekerjaan itu yang dibutuhkan bukan
hanya orang pintar tapi yang paling utama adalah kejujurannya tersebut,
sehingga pemilik Industri dapat memberikan kepercayaanya kedapanya.
Daftar Pusaka
A. Wikipedia, Pengertian percetakan, https://id.wikipedia.org/wiki/Percetakan
B. Sekolah Jurnalistik Multimedia, 2016 Pengertian desain
grafis, http://www.sjm.sch.id/p/desain-grafis-adalah-suatu-bentuk.html
C. Vicky, 2012 Pengertian dan kegunaan CorelDraw, http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/
D. Irvan Muhammad, 2012 Pengertian dan fungsi Photoshop, http://muhamad-irvansah.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-dan-fungsi-photoshop.html