Jumat, 07 Mei 2021

PURWAKANTHI GURU SWARA

 

PURWAKANTI GURU SWARA

 

 

CONTOH:

 

1.   Adigang, adigung, adiguna.

2.   Ana awan, ana pangan

3.   Ana bungah, ana susah iku wis lumrah

4.   Ana dina ana sega

5.   Anak polah bapa kepradah

6.   Asu belang kalung wang

7.   Asu gedhe menang kerahe

8.   Becik ketitik, ala ketara

9.   Becik ketitik, ala ketara.

10.   Cecak nguntal cagak

11.   Cecak nguntal empyak

12.   Ciri wanci lelai ginawa mati

13.   Dahwen ati open

14.   Desa mawa cara negara mawa tata

15.   Durung pecus keselak besus

16.   Esuk dhele sore tempe

17.   Gelem obah, mesthi mamah.

18.   Giri lungsi, jalma tan kena ingina

19.   Gliyak-gliyak tumindak, sareh pikoleh

20.   Inggah-inggih ora kepanggih

21.   Jujur agawe Makmur.

22.   Kebat kliwat, gancang pincang

23.   Kegedhen empyak kurang cagak

24.   Kepengen mujur tur malah ajur.

25.   Kumenthus ora pecus

26.   Lambe satumang kari samerang

27.   Maju tatu mundur ajur

28.   Ngalah nanging oleh

29.   Ora ngedan, ora keduman.

30.   Ora obah ora mamah.

 

 

 

 

 

PURWAKANTI GURU SASTRA

 

CONTOH:

1.        Aja dhemen memada, dhateng sapadhaning dumadi.

2.      Babat, bibit, bobot, bebet

3.      Garang nanging garing.

4.      Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani

5.      Kala kula kelas kalih, kula kilak kalo kalih kuli-kuli kula, kalo kula kéli, kali kilén kula, kalo kula kampul-kampul, kula kelap kelip kala-kala keling-keling

6.      Katula-tula ketali.

7.      Laras, lurus, leres, laris.

8.      Makuta, makuti, makuten.

9.      Ruruh, rereh, ririh ing wewarah.

10.   Sing sapa salah bakale seleh

11.   Sing weweh bakal wuwuh.

12.   Sluman, slumun, slamet.

13.   Taberi nastiti lan ngati-ati, mesthi bakal dadi

14.   Tarti tata-tata, ate metu turut ratan, diutus tuku tahu tempe dhuwite kertas telung atus

15.   Tata tertib tartamtu tentrem.

16.   Tata titi tutug tatug, tanggung jawab.

17.   Tata, titi, tentrem.

18.   Tatag, teteg bakal tutug.

19.   Tatune methunthung mentheng-mentheng.

20.   Tindak, tanduk lan tutur kang kalantur, ramtu katula-tula aktali, bakal kacatur, katuruh, kapatuh lan dadi awon.

21.   Taberi nastiti lan ngati-ati,mesti bakal dadi

22.   aja dhemen memada, dhateng sapadhaning dumadi

23.   Wong jejodohan kudu ngelingi: babat, bibit, bebet, bobot

24.   Tindak tanduk lan tutur kang kalantur, tamtu katula-tula katali, bakal kacatur,katutuh, kapatuh, pan dadi awon

25.    makuta, makuti, makuten

26.    

tatune methuthung mentheng-mentheng

27.        sing weweh bakal wuwuh

28.       katula-tula ketali

29.        laras, lurus, leres,laris

30.                                   kula kelap kelip kala-kala keling-keling

 

 

 

 

PURWAKANTI GURU LUMAKSITA

 

CONTOH:

1.           Kepingin tuku buku, bukune wis entek.

2.           Nemu kembang, kembange wangi, wangine gawe keblinger.

3.           Kejaduk tembok, temboke sing warna biru, birune kaya langit.

4.           Bayem ardha, ardhane ngrasuk busana

5.           Witing klapa, klapa mudha saumpama

6.           Carang wreksa, wreksa wilis tanpa patra

7.           Begja-begjane kang lali, isih begja kang eling lawan waspada

8.           Bung–bung pait bung pait kuwihe maha, maha-maha lintrik cah cilik digondhol kirik, kirik-kirik belang nyang pawon kesiram wedang, wedang–wedang bubuk kemriyuk gulane remuk

9.           Timun lonte, tela landa, ndemok asu, sugih utang, tanggal siji, jimantolo

10.        kula kelap kelip kala-kala keling-keling

11.        baeyem arda, ardane ngrasuk busana

12.        lungguh dhingklik, dhingklike wong cilik-cilik

13.        mangan ati, atine sing kelara-lara

14.        nandhang lara, larane wong lara papa

15.        pandhu suta, suta madyaning pandhawa

16.        raja putra, putran daleme ngastina

17.        rujak degan, degane krambil ijo

18.        remuk rempu, rempu dadi awu

19.         saking tresna, tresnane mung samudana

20.        rujak dhondhong, rujake sisaning kalong

21.        witing tresna , tresnane mung sewetara

22.        Timun lonte, tela landa, ndemok asu, sugih utang, tanggal siji, jimantolo

23.        Begja-begjane kang lali, isih begja kang eling lawan waspada

24.        Carang wreksa, wreksa wilis tanpa patra

25.        Kejaduk tembok, temboke sing warna biru, birune kaya langit.

26.        Witing klapa, klapa mudha saumpama

27.        Tepi wastra, wastra kang tumrap mustaka

28.        mong ing tirta, tirta wijiling salira

29.        Amenangi jaman edan,

30.        Suwe ora jamu, jamune godhong kara

 

 

 

MAKALAH TUNE UP EFI

 

MAKALAH

TENTANG TUNE UP EFI

 

 

SMK N 1 MONDOKAN

 

 

 

Disusun oleh :

Nama      : Kurniawan

Kelas       : XII.TKR.3

No.          : 09

 

SMK NEGERI 1 MONDOKAN

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Makalah Tentang Tune Up Efi”.

Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan- kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.

Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan penelitian ini, khususnya kepada :

1.       Guru Pembimbing yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka penyelesaian penyusunan makalah ini

2.       Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis dalam menyelesaikan makalah ini.

3.       Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan dalam penulisan makalah ini. Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan.

 

Penyusun

Kurniawan

 

 

ii

DAFTAR ISI

 

 

Halaman Judul…………………………………………………………………………………………………………………i

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………………………………..…..ii

Daftar Isi………………………………………………………………………………………………………..………………iii

BAB I. PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang…………………….………………………………….………………………………………...1

B.      Maksud dan Tujuan………………………………………………………………………...…………………1

C.      Tujuan Khusus…………………………………………………………………………..……………………….1

BAB II. TUNE UP EFI

A.      Dasar Teori………………………………………………………………………………………………...........2

B.      Langkah kerja………………………………………………………………………………………….…………2

C.      Hasil…………………………………………………………………………………………………………………13

BAB III. Penutup

  1. Kesimpulan……………………………………………………………………..….……………………………20
  2. Saran…………………………………………………….…………………………………………………………20
  3. Daftar Pustaka…………………………………………………….…………………………………………..21

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iii

BAB I

PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang 

 

                Tune up ialah pekerjaan yang dilakukan untuk memperbaiki bagian- bagian mesin yang sudah tidak sesuai ukuran standarisasi mesin tersebut.
                Pada dasarnya tune up diawali dengan mesin-mesin yang telah banyak mengalami penyimpangan - penyimpangan ukuran sehingga suara dan daya motor tersebut mengalami perubahan.


B.  Tujuan

 

1. Tujuan Umum
                Agar siswa mampu melakukan kegiatan Tune up dengan benar.
2. Tujuan Khusus
                Adapun tujuan khusus dalam tune up antara lain:
a.
Siswa dapat mengenal sistem kerja motor bakar.
b.
Siswa mampu memperbaiki komponen motor bakar yang sudah rusak.


C. Tujuan Khusus

 

                Adapun tujuan khusus yang didapat oleh siswa, antara lain:
1. Mengetahui dasar – dasar dalam memperbaiki motor bakar;
2. Melatih diri untuk mampu melakukan kegiatan Tune up pada motor bakar;
3. Menambah pengetahuan tentang alat – alat yang digunakan dalam kegiatan Tune up.

 

 

 

1

Bab II

TUNE UP EFI

 

A.        Dasar Teori

 

Banyak orang yang menginginkan kendaraannya awet dan nyaman.Kini banyak kasus mobil terbilang masih baru sudah terasa tidak nyaman bagi pengguna,karena mobil yang kurang perawatan.Mungkin dari hal-hal tersebut disbabkan karena perawatan kendaraan yang kurang benar ataupun bahkan tidak dirawat sama sekali.Dari kasus-kasus itu penulis memilih judul untuk pembuatan laporan “Engine Tune Up”.

 

Proses sebelum tune up mobil efi

Proses ini perlu dilaksanakan karena untuk mengetahui kondisi mesin supaya tidak terjadi kecelakaan kerja. Langkah-langkah dalam proses ini adalah sebagai berikut.

  1. Memeriksaan ketinggian air radiator, jika kurang air dapat ditambahkan air secukupnya.
  2. Memeriksa oli mesin, meliputi kondisi oli mesin dan volume oli mesin.
  3. Kondisi visual mesin, dan pastikan mesin dalam kondisi yang aman untuk dihidupkan.
  4. Menghidupkan mesin dalam putaran stasioner selama 5-7 menit.

 

 

B.        Langkah Kerja

 

            Tune up merupakan servis ringan pada mesin kendaraan yang pekerjaannya berupa pemeriksaan, penyetelan, ganti komponen, dan perawatan mesin. Pekerjaan tune up diperlukan, manakala sebuah kendaraan mengalami gangguan pada mesinnya sewaktu berjalan, seperti ada bunyi kasar, kurang tenaga, atau untuk perawatan berkala dan sebagainya. Melakukan pemeriksaan atau tune-up berarti mencegah terjadinya kerusakan yang lebih berat pada mesin.

 

2

Pekerjaan tune up harus dilakukan sesuai prosedur dari pabrik pembuatnya, baik urutan pengerjaannya, pemeriksaannya, ukuran penyetelannya dan lain – lain. Alat dan bahan. Alat dan bahan yang diperlukan dalam proses tune up Mesin  adalah:


Adapun resiko apabila kurangnya perawatan pada kendaran:

1.       Umur kendaraan tidak bertahan lama

2.       Suara mesin kasar

3.       Kerusakan dari yang ringan hingga mesin tidak dapat hidup sama sekali dan lain-lain.

Di harapakan setelah di susunnya laporan ini siswa dapat mengetahui dan memahami pentingnya perawatan pada kendaraan.Semoga laporan ini dapat menjadi acuan bagi para siswa untuk belajar “Engine Tune Up”.

 

b.Tujuan Kerja.
Untuk memperpanjang umur kendaraan agar kendaraan selalu pada performa terbaiknya.

 

c.persiapan Kerja.


Adapun sebelum melaksanakan prakerin hatus memperhatikan persiapan yang harus di lakukan di antaranya:

 

1. Berdo’a terlebih dahulu;
2. Pakailah savety dan persiapkan alat-alat yang di butuhkan;
3. Amati komponen terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan;
4. Konsentrasi,jangan lalai,tidak bercanda,dan berhati-hati selalu.

 

 

 

 

 

3

d. Alat

Peralatan tune up

Dalam proses tune up sebaiknya minimalkan penggunaan alat kerja yang berlebih. Persiapan alat yang berlebih menandakan kurangnya pemahaman terhadap mesin. Alat kerja yang dibutuhkan dalam proses tune up adalah sebagai berikut.

 

  1. Kunci pas berfungsi untuk memasang atau melepaskan kepala baut/mur yang mempunyai momen pengencangan yang relatif kecil dan hanya memungkinkan dapat bekerja pada ruang terbatas.
  2. Kunci ring berfungsi memasang atau melepas kepala baut yang mempunyai momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan dapat bekerja pada ruang terbatas.
  3. Obeng offset (+/-) berfungsi untuk mengencangkan baut dengan kepala beralur atau sekrup yang letaknya tidak dapat dijangkau oleh jenis obeng biasa.
  4. Pengukur celah (feeler gauge) berfungsi untuk mengatur ketebalan celah diantara dua benda kerja.
  5. Ampelas/kertas gosok berfungsi untuk membersihkan komponen mesin yang kotor akibat karat.
  6. Hidrometer berfungsi untuk mengukur berat jenis kandungan cairan elektrolit pada baterai.
  7. Alat pengukur tekanan kompresi berfungsi untuk mengukur seberapa besar tekanan kompresi pada silinder mesin.
  8. Dweel meter berfungsi untuk mengukur sudut pengapian pada mesin.
  9. Avometer berfungsi untuk mengetahui sambung atau tidaknya dua buah terminal.
  10. Radiator cup tester berfungsi untuk mengukur tekanan tegangan pegas dari tutup radiator.

 

 

 

4

Sebelum melaksanakan tune-up pasang dahulu  cover di antaranya Fender,Seat,Stearing,Foot,dan Porsneling Cover yang berguna sebagai pelindung bertujuan agar bagian-bagian kendaraan tidak tergores,dan tertumpahi oleh sesuatu yang merusak dan lain-lain.Pemasangan cover di lakukan sebelum

 

e. Komponen yang ditune up

 

1. Busi 


Busi berfungsi untuk memercikan bunga api dan membakar campuran bahan bakar yang sudah terkompresi di dalam ruang bakar dengan spark arc karena tegangan tinggi yang dihasilkan dari ignition coil. Busi terletak pada cilinder head dan terpasang pada iginition coil Tegangan yang diterima busi untuk memercikan bungan api 10KV lebih.

 

2. Radiator 


Radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang telah panas setelah melalui saluran water jacket. Bagian-bagian radiator antara lain tangki air bagian atas (upper water tank), tangki air bagian bawah (lower water tank) dan inti radiator (radiator core).

 

Cairan pendingin masuk ke tangki air bagian atas melalui selang atas. Pada tangki air bagian atas dilengkapi dengan lubang pengisian air dan saluran kecil yang menuju ke tangki cadangan. Pada tangki air bagian bawah dilengkapi dengan lubang penguras untuk mengeluarkan air pendingin pada saat mengganti cairan pendingin. Inti radiator terdiri atas pipa-pipa (tube) yang dapat dilalui air dari tangki atas ke tangki bawah.

 

 

 

 

 

5

Disamping itu juga dilengkapi dengan sirip-sirip pendingin (fin) yang fungsinya untuk menyerap panas dari air pendingin. Radiator terletak di depan kendaraan radiator didinginkan oleh kipas otomatis.

 

3. Baterai 


Baterai adalah alat elektrokimia yang dibuat untuk mensuplai arus listrik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan sistem kelistrikan lainnya. Dalam baterai terdapat terminal positif dan negatif dalam bentuk pint. Plat-plat tersebut terbuat dari timbal dan timah. Ruang dalamnya dibagi menjadi 6 dan dalam masing-masing sel terdapat beberapa elemen yang terendam di dalam larutan elektrolit. Baterai menyediakan arus listrik tegangan rendah 12 Volt. Kutub negatif baterai dihubungkan dengan masa, sedangkan kutub positif baterai dengan ignition coil melalui kunci kontak.

 

4. Drive belt 


              Drive belt berfungsi untuk meneruskan putaran poros engkol ke alternator untuk memutarkan alternator.

 

5. Filter bensin


              Saringan bensin ditempatkan antara tangki dan pompa bahan bakar yang berfungsi untuk menyaring kotoran atau air yang mungkin terdapat di dalam bensin. Elemen saringan terdapat di dalam rumah saringan, yang bisa menurunkan kecepatan aliran bahan bakar, akibatnya air dan partikel kotoran yang lebih berat dari bensin mengendap ke bawah, sedangkan partikel kotoran yang lebih ringan disaring oleh elemen.

 

 

 

 

6

6. Filter udara 


Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara dari debu, penghambat kecepatan udara dan memperkecil suara “desis” suara. Fiter udara terletak pada saluran intak sebelum masuk ke throttle body.

 

7. Filter oli 


Oil filter menyaring oil dari carbon atau partikel metal. Didalam cleaner case dipasang folded filter paper. Ada dua tipe untuk penggantiannya yaitu element type dan catridge type. Pada cartridge type dalam melepas filternya dilakukan bersamaan dengan case-nya, pada element type yang dilepas hanya filter element ketika akan dikalukan penggantian.

 

 

 

 

 

 

E. Langkah-langkah tune up Efi

 

1. Pemeriksaan sistem pendingin 


a. Pemeriksaan Radiator secara visual. Secara visual, Periksa air radiator jika kurang tambahkan dan periksakeadaan radiator kemungkinan terdapat kotoran, karat, dan kerusakan pada sirip radiator. Usahakan periksa dengan teliti.

 

    b. Memeriksa selang-selang radiator dan persambunganya Secara visual, periksalah kondisi selang-selang sitem pendingin dan persambungannya, jika terdapat kerusakan atau sobekan atau keretakan pada selang maupun klem segeralah diganti dengan yang baru.

7

     c. Memeriksa reservoir tank Secara visual, periksa ketinggian coolant di dalam reservoir, yakinkan bahwa posisinya berada di antara tanda maximum dan minimum, jika ketinggian coolant dibawah tanda minimum, maka harus tambahkan coolant sampe tanda max dan periksa juga kondisi reservoir apakah ada kebocoran.

 

    d. Periksa tutup radiator Secara visual periksa keadaan tutup radiator, kemudian periksa kebocoran tutup radiator dengan cara pasangkan tutup radiator pada alat ukur kebocoran (radiator tester). Pompa alat ukur tersebut mencapai angka 0,9 bar, diamkan beberapa detik jika angka menurun kurang dari 0,9 bar maka tutup radiator bocor sebaliknya jika angka tetap maka tutup radiator tidak bocor atau masih bagus

 

    e. Pemeriksaan kebocoran radiator Memeriksa kebocoran radiator dengan menggunakan radiator tester, dengan cara buka buka tutup radiator, kemudian pasangkan alat ukur pada dudukan tutup radiator, di ushakan terpasang dengan baik dan kencang. Pompa alat ukur tersebut dan liat jarum, ketika jarum berada pada angka 14 psi, diamkan beberapa detik. Jika jarum tidak turun dari angka 14 maka radiator tidak bocor, dan juga sebaliknya jika turun radiator bocor

 

2. Pemeriksaan Baterai

 

a. Periksa keadaan baterai Periksa keadaan baterai secara visual, dengan memeriksa keadaan casing baterai, dan terminal positif, negatif baterai. Jika terminal terssebut berkarat atau kotor, bersihkan dengan menggunakan amplas dan kain majun

 

b. Periksa ketinggian air accu, terminal positif dan negatif Lihat secara visual ketingian air accu, dengan melihat tanda upper,lower. Jika air accu kurang dari tanda upper atau bahkan lower, tambahkan air accu biasa kedalam setiap sel sampai dengan posisi upper. Bila selesai mengisi accu sebaiknya bersikan bekas tumpahan dengan kain lap.

 

 

8

c. Memeriksa tegangan baterai Dalam melakukan pemeriksaan baterai pertama yang kita lakukan adalah mengkalibrasi alat ukur pengukur tegangan baterai ( multi tester ), kita kalibrasi pada angka 50 pada bagian DC, kemudian kita lakukan pengukuran dengan menempelkan kabel positif, negatif multi tester ke terminal positif, negatif baterai.

 

    d. Memeriksa berat jenis baterai Lepas tutup tiap sel baterai, kemudian ukur satu-persatu tiap sel tersebut dengan cara masukkan pipet hydrometer dengan posisi tegak dan setelah itu tekan karet pipet sehingga sebagian air accu pada batterai berpindah pada hydrometer. Setelah itu lakukan pemeriksaan dengan melihat angka dan warna yang ditunjukkan hydrometer.

 

3. Pemeriksaan oli mesin

 

a.       Memeriksa leveling atau ketinggian oli periksa leveling atau ketinggian oli, dengan cara menarik batang pengukur oli mesin, kemudian lap dengan majun dan masukan kembali batang paengukur tersebut, tarik kembali pastikan oli berada diantara tanda H/F dan L ( H= high/F=full /penuh dan L=low/rendah ), keadaan minyak pelumas harus berada pada tanda F, bila berkurang maka tambahkan minyak pelumas tersebut sampai dengan tanda F.

b.      Memeriksa kualitas atau kekentalan oli periksa kekentalan oli dengan visual, apa bila kekentalan oli sudah berkurang dan warna sudah tidak sesuai dengan aslinya maka oli harus diganti. Penggantian minyak pelumas biasanya setelah jarak tempuh berkisar 2.500-5.000 kilometer.

 

4. Pemeriksaan saringan udara.

 

  Mesin yang kami gunakan sudah berbentuk stand, dan sudah diganti dengan yang baru, jadi tidak perlu dilakukan pengantian atau pemeriksaan saringan udara.

 

 

9

 

5. Pemeriksaan filter bensin

 

    Dalam pemeriksaan filter bensin, pertama yang kita lakukan adalah lepas filter bensin dari dudukanya kemudian periksa secara manual keadaan dan Bersihkan menggunakan kompresor dengan menyemprotkan anggin dari arah fuel tank yang nantinya angin akan masuk ke sirip-sirip elemen filter bensin dan keluar ke arah fuel pump.

 

6. Pemeriksaan Drive belt.

 

    a. Pemeriksaan keadaan drive belt Secara visual cek drive belt apakah terdapat kerusakan yang memungkinkan, retak dan rapuh. Dengan cara kita lepas drive belt kemudian kita bengkokan seperti pada gambar dibawah ini. Jika drive belt tidak retak atau patah berarti keadaan masih baik. bila dalam pemeriksaan drive belt terdapat hasil yang tidak sesuai dengan standar gantilah dengan baru.

    b. Memeriksa kekencangan atau kerenggangan drive belt Kekencangan drive belt perlu diperiksa dan disetel. Dengan cara atas dan kemudian baru yang bawah, sehingga alternator dapat dengan bebas bergerak. Setel ketegangan drive belt menggunakan tekanan tangan atau timbangan pegas. spesifikasi : 7,5 – 10,5 mm. Tapi kami disini penyetel dengan menggunkan tangan atau manual

 

 

 

7. Pemeriksaan pengapian

 

    Pemeriksaan pengapian pada mesin,dilakukan dengan menggunakan alat scan tool, dan jika pengapian mengalami gejala atau trobel maka lakukan pengecekan dan penyetelan dengan menggunakan scan tool

 

 

 

10

8. Pemeriksaan busi.

 

    Dalam proses pemeriksaan busi hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas koil yang menempel pada busi tiap kepala silinder. Setelah dilepas maka lepaskan busi pada tiap silinder dengan menggunakan kunci busi. Kemudian periksa secara visual keadaan busi, periksa celah busi dengan menggunakan filler gauge

9. Pemeriksaan tekanan kompresi.

 

pemeriksaan tekanan kompresi pastikan oli mesin cukup dan aki punya strum yang kuat, panaskan mesin sampai suhu kerja normal, kemudian diamkan mesin 5-10 menit, lepas semua busi, pasangkan alat pengukur kompresi pada busi no1, kemudian buka trotel penuh dan start mesin hingga tekanan kopresi pada nilai tertinggi. Selanjutnya lakukan tes yang sama pada silinder lainya, sandar spesifikasi selisih tiap silinder 2,0 kg/cm² setiap kilometer 20.000. penyatelan katup ini pada dasarnya sama dengan penyatelan katup biasa yang terdapat pada mobil konvensional, dalam penyetelan yang pertama kita lakuan dengan memutar puli poros engkol pastikan silinder 1 pada posisi TMA, dan katup in ex bebas, ).

 

Kendorkan mur pengunci yang terdapat pada rocker arm dan putarkan sekrup penyetelnya hingga diperoleh celah diantara rocker arm dan ujung batang katub. kemudian setelah penyetelan dilakukan kencangkan mur pengunci tadi dan periksa kembali celah katubnya dengan menggunakan filler gauge, kemudian putar kembali puli poros engkol satu putaran penuh (360°), periksa roker arm katup in dan ex yang bebas, kemudian stel katup tersebut.

 

a.       Penyetelen celah katup pada mesin dingin Panaskan mesin pada suhu kerja kemudian diamkan 5-10 menit,kemudian setel katup dengan cara memutar puli poros engkol pastikan silinder 1 pada posisi TMA, dan katup in ex bebas, ). Kendorkan mur pengunci yang terdapat pada rocker arm dan putarkan sekrup penyetelnya hingga diperoleh celah diantara rocker arm dan ujung batang katub.

 

11

b.      kemudian setelah penyetelan dilakukan kencangkan mur pengunci tadi dan periksa kembali celah katubnya dengan menggunakan filler gauge, kemudian putar kembali puli poros engkol satu putaran penuh (360°), periksa roker arm

 

c.       katup in dan ex yang bebas, kemudian stel katup tersebut. Spesifikasi: katup IN : 0.15-0.19 mm Katup EX : 0.26-0.30 mm

 

d.      Penyetelan celah katup pada mesin kondisi panas yang kami teliti dalam penyetelan katup dilakukan pada saat mesin dingin saja, jadi ketika mesin dalam kondisi panas maka dinginkan mesin khususnya pada mekanisme katup tersebut dengan kipas manual. Setelah mesin sudah dalam keadaan dingin lakukan penyetelan katup. Prosedur tersebut dianjurkan dari Diller.

 

10. Pemeriksaan menggunakan scan tool

 

    Sistem EFI terdapat komponen-komponen elektronik seperti sensor, aktuator dan ECU yang setiap waktu bisa terjadi kerusakan. gejala lain yang memperburuk kondisi kerja mesin. Oleh sebab itu perlu dilakukan langkah scan troubleshooting ketika melakukan tune up pada EFI. Berikut langkah-langkah men-scan mesin EFI:

 

a. Menghubungkan Data Link Connector (DLC) dengan alat scan tools sesuai dengan pin DLC.

b. Menghidupkan Mesin sehingga kondisi komponen mesin dapat terdeteksi oleh scan tools.

c. Mengoperasikan program scan tools

     1) Menekan tombol ON pada scan tools,

      2) Memilih vehicle diagnosis tekan enter,

      3) Memilih menu Japanese vehicle diagnosis tekan enter,

      4) Memilih produk asal mesin diciptakan (Japan/Korea) Memilih Produsen Mesin tekan enter,

 

12

       5) Memilih menu general tekan enter,

       6) Memilih model mesin (engine with A/T) tekan enter,

       7) Memilih menu conektor enter.

       8) Kemudian pilih diagnosis trouble codes untuk mengetahui gejala pada mesin atau bisa juga
Ketika terdapat trouble code maka melakukan langkah erase yaitu langkah menghapus troubel code yang ada pada sistem EFI dengan menekan menu erase. Ketika langkah menghapus troubel code tidak bisa maka yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan langsung pada komponen sistem EFI. Seperti memeriksa soket sensor yang longgar, memeriksa tegangan sensor, memeriksa tahanan sensor dan memeriksa kontinuitas sensor. Setelah melakukan pemeriksaan komponen pada sistem EFI dan hasilnya masih terdapat trouble code maka dilakukan langkah penggantian sensor. Hasil : tidak ada trouble code pada yang saya teliti.

 

C.        Hasil

 

Sebuah perawatan pda kendaraan yang penting untuk tidak dilewati adalah Tune up. Dengan melakukan tune up, terlebih jika dilakukan secara rutin, akan meminimalisir kerugian-kerugian yang bisa muncul akibat mobil mengalami kerusakan, seperti disfungsi komponen kendaraan hingga mogok disaat melakukan perjalanan jauh. Beberapa alasan mobil harus di Tune Up secara rutin.

 

1.       Memastikan Komponen Mesin Tetap Stabil

 

Alasan mobil harus di tune up yaitu unmemastikan komponen mesinnya tetap stabil. Dengan tune up, komponen mesin mobil tetap bisa sesuai dengan spesifikasi yang dibawanya. Dengan kondisi komponen mesin mobil yang tetap stabil, maka komponen tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Mobil pun tetap aman dan nyaman dikendarai.

 

 

13

2.       Memperpanjang Usia Pakai Mobil

 

Tune up perlu dilakukan secara rutin dengan alasan supaya bisa memperpanjang usia pakai mobil tersebut. Hal ini dikarenakan tune up bisa membuat mobil lama anda terasa seperti mobil baru. Meski mobil anda keluaran tahun lama, namun saat digunakan tenaganya tetap terjaga secara baik. Akan tampak seperti mobil baru lagi apabila anda memperhatikan penampilannya.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi lalu lintas yang padat, macet, dan ditambah cuaca panas membuat mobil beserta komponen yang di dalamnya bekerja lebih keras. Jika tidak dilakukan perawatan dan servis secara rutin, maka dapat mengakibatkan usia kendaraan lebih pendek.  

Sebagai pemilik mobil, tentu Anda ingin mobil awet untuk jangka waktu yang lama. Untuk memastikan mobil lebih tahan lama dan nyaman dikendarai, para pemiliki mobil harus melakukan perawatan secara rutin, baik oleh pribadi maupun servis berkala ke bengkel.  

Jika Anda kurang memahami seluk beluk mobil dan perawatannya, setidaknya Anda perlu memahami enam hal ini untuk memastikan mobil tetap dalam kondisi prima dan nyaman dikendarai sehari-hari maupun untuk perjalanan jauh.  

 

1.       Ganti oli mobil dan filter sesuai waktunya

 

Ganti oli mobil dan filter sesuai waktunya.

Ingin mobil lebih tahan lama dan awet, langkah penting yang Anda lakukan adalah mengganti oli mobil dan filter sesuai waktunya. Sebagai bagian penting yang dimiliki kendaraan, oli berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat di dalam mesin. Oli yang bekerja terus menerus akan terekspos oleh udara dan panas sehingga memotong daya pakainya.  

 

 

 

14

Pada umumnya, jadwal ganti oli mobil disarankan saat mencapai 10 ribu kilometer. Namun, banyak bengkel menyarankan setiap 10 ribu kilometer. Banyak juga bengkel yang menyarankan untuk ganti oli setiap 5 ribu kilometer jika setiap harinya berkutat dengan kemacetan dan kondisi jalanan yang tidak normal, sehingga jarak tempuh mobil menjadi sangat kecil. Solusinya adalah menggunakan tanggal dan kilometer pada catatan servis sebagai patokan. Jika jadual ganti oli sudah tercapai, ada baiknya untuk melakukan penggantian oli mobil.  

 

2.       Isi air radiator pakai cairan radiator atau coolant

Isi air radiator pakai cairan radiator atau coolant.

Menghindari mesin mobil overheat, Anda perlu memastikan air radiator selalu terisi secara berkala dan jangan sampai kehabisan. Sebab, air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Untuk mobil kesayangan Anda, pastika memakai cairan radiator atau coolant yang direkomendasikan. Cairan coolant ini memiliki senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator tetap bersih dan awet.  

Jangan lupa juga untuk mengecek jenis cairan lain yang dibutuhkan mobil, seperti power steering dan rem. Selain itu, jika Anda cukup sering menggunakan air wiper, maka isi tabung air wiper dengan air bersih saat sudah mulai habis.  

 

3.       Selalu panaskan mobil serta cek kondisi ban dan kelengkapan mobil

 

Setiap mesin mobil dilengkapi dengan pelumas, yang berguna sebagai pelapis saat komponen-komponen mesin bergesekan. Agar sebaran pelumas merata, mesin harus dipanaskan terlebih dulu sebelum digunakan.  

Panaskan mobil sesuai pemakaiannya. Kalau jarang dipakai, pemanasannya harus lama. Sampai suhu mesin panas atau jarum indikator di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas. Jika kendaraan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, maka

 

 

 

15

pemanasan mobil dapat dilakukan dengan cepat.  

Memanaskan kendaraan sangat berkaitan dengan awet atau tidaknya kendaraan. Dengan memanaskan mobil, maka mesin terhindar dari beban yang tiba-tiba dan pada akhirnya mobil bisa lebih cepat awet. Sambil mobil dipanaskan, Anda dapat mengecek kondisi ban dan kelengkapan lain, seperti lampu-lampu dan kopling.  

 

4.       Pilih bahan bakar berteknologi DYNAFLEX

Pilih bahan bakar berteknologi DYNAFLEX.

Bahan bakar memegang peranan penting untuk meningkatkan performa kendaraan, terutama mobil. Bukan hanya nilai oktannya saja yang perlu Anda perhatikan melainkan teknologi yang dimiliki dari BBM tersebut. Sebab bahan bakar yang baik itu tidak hanya mampu membersihkan dan melindungi mesin tetapi juga meningkatkan performa mesin lebih optimal.  

 

Shell V-Power dengan teknologi baru DYNAFLEX terbukti memiliki 3x lebih banyak molekul pembersih yang mampu membersihkan endapan dan mengurangi gesekan hingga 80 persen sehingga performa mesin akan lebih optimal. Selain itu, teknologi DYNAFLEX membuat gesekan antara piston dan dinding silinder diminimalisir sekecil mungkin. Sehingga sangat efektif untuk perawatan mesin kendaraan termasuk memacu performa kendaraan dapat melaju dengan mulus.  

 

Berkurangnya jatah perawatan mobil, memaksimalkan kinerja bahan bakar, dan performa mesin lebih optimal adalah turunan dari efisiensi yang bisa didapat jika mobil Anda menggunakan Shell V-Power.  

 

 

 

 

 

 

16

5.       Bersihkan mobil untuk menghindari karat  

 

Untuk mobil awet tahan lama dan nyaman dikendarai, perawatan tak hanya fokus pada bagian mesin saja tetapi juga komponen di luarnya. Bersihkan mobil secara rutin untuk mencegah kerusakan, misalnya karatan di beberapa part mobil.

Bersihkan mobil untuk menghindari karat.

Apalagi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan harus melewati jalanan rawan banjir, mencuci hingga ke sudut-sudut sempit bagian mobil adalah sebuah keharusan agar mobil tetap awet.

 

6.       Kunjungi dealer resmi dan terpercaya untuk tune up secara berkala

 

Kunjungi dealer resmi dan terpercaya untuk tune up secara berkala.

Poin penting dari perawatan mobil adalah menyerahkan pada ahlinya. Mobil membutuhkan sentuhan mekanik ahli secara berkala agar tetap optimal. Datang ke bengkel tidak harus untuk servis besar, Anda juga bisa melakukan tune up yang berarti servis ringan untuk menjaga stabilitas performas mobil. Namun, kalau Anda sudah memakai bahan bakar berkualitas seperti Shell V Power, rasanya servis ringan tak harus rutin dilakukan karena bahan bakar berkualitas baik turut merawar mesin Anda setiap hari.  

 

Percayakan mobil kesayangan kepada dealer resmi dan bengkel terpercaya untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang menjamin standar kualitas pelayanannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan teknisi ahli tentang berbagai masalah pada mobil hingga waktu saat melakukan penggantian spare part.

 

 

 

 

 

17

3.       Mengoptimalkan Performa Mesin

 

Performa mesin bisa terjaga secara baik apabila di tune up secara rutin. Selain menjaga performanya, kelebihan mobil rutin di tune up yaitu meningkatkan tenaga yang dihasilkan. Perlu untuk anda ketahui, tune up ini hanya fokus pada bagian mesinnya saja, bukan daya kelistrikan, pemindah daya, atau bahkan chasis. Dikarenakan hanya mengutamakan sektor dapur pacunya, maka proses yang dilakukan benar-benar optimal. Segala medan jalan pun bisa ditempuh secara mudah dengan mobil yang sudah di tune up.

 

4.       Harga Jual Mobil Kembali Akan Naik

 

Harga jual mobil kembali tinggi juga menjadi salah satu alasan kenapa mobil harus di tune up. Pasalnya, tune up bisa meningkatkan nilai mobil. Perlu untuk anda pahami, mobil yang rutin di tune up tentu saja lebih terawat daripada mobil yang jarang di tune up. Karena terawat, kualitas mobil tentunya jauh lebih baik.Mobil yang senantiasa terawat memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi. Oleh karena itu, anda tetap untung meski mobil anda sudah keluaran tahun lama sekalipun.

 

5.       Memastikan Fungsi Saringan Udara

 

Dilakukannya tune up juga bermanfaat dalam memastikan saringan udaranya. Dengan tune up, maka fungsi saringan udara di dalam mesin mobil tetap terjaga secara baik. Seperti yang diketahui, kurangnya perawatan membuat saringan udara menjadi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal inilah yang menjadi alasan mobil harus di tune up. Saringan udara yang bermasalah tentunya berpengaruh terhadap performa mesin. Mesin akan mudah panas dan tak stabil sehingga bisa merusak komponen mesin.

 

 

 

 

18

6.       Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara

 

Mobil yang di tune up sudah pasti nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan tune up memastikan performa mesinnya tetap baik. Selain nyaman, mengendarai mobil yang sudah di tune up juga terbukti aman. Bukan hanya karena performa mesinnya yang baik, akan tetapi juga tak ada kerusakan komponen di bagian mesinnya. Bagi anda yang peduli dengan mobil kesayangan anda, pastikan anda menerapkan tune up. Tune up itu sendiri bisa dilakukan sendiri jika anda sudah ahli di bidangnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19

BAB III

PENUTUP

 

A.  Kesimpulan

 

                Adapun kesimpulan yang saya penulis simpulkan dari hasil praktek ialah :
1. Setiap ukuran yang ada pada mesin itu menentukan dengan keefektifitas mesin

    tersebut.


2. Kurangnya perawatan yang dilakukan pada mesin tersebut yang menyebabkan

    timbulnya korosi sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam melakukan

    praktek.

B.  Saran

   

 Adapun saran yang bisa penulis berikan dalam praktikum adalah :
1.) Sebelum melakukan percobaan, pelajari dahulu langkah kerja secara seksama dan pahami tujuan percobaan tersebut.


2.) Bekerjalah secara teliti dalam melakukan percobaan agar hasil yang didapatkan lebih baik. Misalnya dalam pengukuran celah katup, platina.


3.) Pergunakan alat ukur yang presisi agar didapat data yang akurat.


4.) Bersihkan alat- alat tersebut sebelum melakukan percobaan agar alat tersebut dapat dipergunakan setiap waktu dan dalam keadaan baik.

 

 

 

 

 

20

DAFTAR PUSTAKA

 

 

1.       MartinusMT.makalah-tune-up-kendaraan

2.       catatanpediaku.blogspot.com/2016/06/laporan-otomotif-tune-up.html

3.       Makalah-tune-up-motor-bensin-smk-negeri-2-pengasih.html

4.       scribd.com.Makalah-Tune-Up

5.       manajemenkeuangan.net/pendahuluan-makalah/

6.       wordpress.com/prosedur-dan-langkah-langkah-dalam-melakukan-tune-up-efi/

7.       Modul SMK Negeri 1 Mondokan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PROGRAM KEAHLIAN FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS

  LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) PROGRAM KEAHLIAN FARMASI KLINIS DAN KOMUNITAS SMK  APOTEK QIRANI FARMA (Waktu Pelaksanaan: ...